Serius, Semangat dan Konsistenlah dalam Beraktifitas

*Serius alias sungguh-sungguh,

*Semangat yaitu melakukan aktifitas dengan passion, antusias dan selalu dilandasi oleh kemauan yang tinggi yang muncul dari dalam hati.

*Sedangkan konsisten adalah terus menerus dalam beraktifitas dan selalu mengupdate kemampuan dalam menjalankannya. Tidak mudah memang untuk melakukan pekerjaan dengan serius, semangat dan konsisten.

Pengertian di atas adalah berdasarkan definisi penulis sendiri, tidak ada literatur yang menjadi acuan.

Diperlukan penyemangat (motivator) untuk melakukannya, penyemangat tersebut sangat erat kaitannya dengan capaian pribadi atau harapan-harapan pada diri si pelaku aktifitas.

Macam-macam motivator diantaranya:

1. Imbalan dalam bentuk kebutuhan fisik seperti materi,uang, atau harapan untuk mendapatkan uang, hadiah, atau imbalan fisik lainnya;

2. Imbalan dalam bentuk non fisik seperti pujian, rasa aman atau kenaikan jabatan;

3. Aktualisasi Diri, seorang akan termotivasi bisa karena yang bersangkutan merasa mampu untuk melakukan dan merasa bangga atas pekerjaan yang dia lakukan.

4. Semata-mata mengharapkan ridho Alloh SWT atau kerja adalah bagian dari ibadah. Sehingga tanpa embel-embel nomor 1 s.d. 3 pun orang akan melakukan kerja dengan baik yaitu serius, semangat dan konsisten.

Motivator tersebut di atas sangat erat kaitannya dengan latar belakang, kejiwaan, bahkan keyakinan. Itulah manusia, makhluk yang unik…

Tapi apapun motivasi Anda dalam bekerja, saya sarankan untuk motivasi dengan niat yang benar, yaitu lillahi ta’ala (hanya untuk Alloh SWT) seperti dalil Alqur’an menyatakan bahwa “Tidaklah Aku (Alloh SWT) ciptakan jin dan manusia hanyalah untuk beribadah (Q.S. Azzariyat:56). Sehingga apapun kata orang, apapun kata isteri, apapun kata tetangga, apapun kata anak, kita selalu menghadapkan diri kita untuk selalu bekerja baik  hanya sebagai penghambaan kepada Alloh SWT.

About these ads

Tentang deri aja lah

bekerja efektif, semangat dan bermanfaat
Tulisan ini dipublikasikan di MOTIVASI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s