SENGGANG

“Senggang” ga tahu persis kata-kata dari mana tapi intinya adalah tidak ada aktifitas yang bermanfaat yang harus dilakukan, atau disela antara pekerjaan pokok dengan pekerjaan lainnya, atau tidak ada kesibukan yang berarti yang harus segera diselesaikan. Waktu senggang banyak dipergunakan diantaranya untuk kongkow2, ngopi2, ngrokok, ngrumpi, ngelamun. Yah banyak kata-kata yang berawalan “ng” ternyata tidak produktif, termasuk diantaranya juga ” nguantuk…”. Di dalam kata senggang ternyata ada 2 huruf “ng” jadi yah wajar kalau tidak produktif.

Banyak waktu senggang yang seringkali terbuang percuma untuk hal-hal yang kurang bermakna, misalnya untuk tidur, loh emang tidur ga bermakna?, ya karena tidurnya sudah overdosis,wong malem aja tidur dari jam 9 aja sampai jam 5 koq.., 8 jam, apa masih kurang? Lebih dari cukup tuh!!. Eee.. ternyata di kantor masih tidur juga,,, tapi okelah namanya manusia emang ga sama, ada yang tidurnya sehari cuma 4 jam tiap hari, Pak Habibie  (mantan Presiden RI) misalnya. Ada juga yang tidurnya 6 jam tiap hari, ada juga yang 5 jam, bahkan ada juga yang tidur nya 10 jam bahkan 12 jam atau 18 jam. Nah kalau yang tidur 24 jam, nah ini yang kelewatan, atau jangan2 tidur selamanya alias mate. Untuk urusan waktu senggang memang tidak sama setiap orang dalam menggunakannya, contohnya ini nih si penulis, menulis kalimat-kalimat ini karena waktu senggangnya bingung mo digunakan untuk apa, mau keluar ruangan ga boleh, mau tidur sudah kenyang, mau belajar… mumets, mau ngaji.. koq malas ya, lagian nanti ada yang usil sianghari -siang hari di kantor koq ngaji kayak di pesantren aja, mau ngerjain tugas kantor.. ga ada yang mesti dikerjakan dengan segera, mau belajar aturan…pusing (lagian juga sering ga kepake dan gampang lupa) SKS (sistem kebut semalam) ajalah bila diperlukan, waduh ternyata pusing juga mau ngapain ya, mau ngepel.. bukan tugasku, mau jualan… waktunya ngantor, ya udah akhirnya iseng-iseng ngetik cerita walaupun ga tahu ujungnya kemana…tapi yang jelas ngilangin ngelamun dan ngantuk.  

Untung sekarang ini internet  ga kehabisan strum alias on terus, ada namanya email, koran online, situs jejaring sosial seperti facebook (buku wajah…hehehe becanda), twitter, atau apalah…, ini yang bikin hidup lebih hidup. Bisa setiap saat ketika ada waktu senggang, maka bisa sign in di facebook atau buka-buka email siapa tahu ada teman atau millist yang mengirimi pesan. Peran internet di masa sekarang ini memang sangat perlu dan sudah menjadi kebutuhan.

Tapi .. ternyata diantara kita masih banyak juga yang menggunakan waktu senggang untuk bermain game, ini memang merupakan pilihan individu masing-masing, tapi bila terlalu lama main game rasa-rasanya hidup ini kurang produktif dan mubazir. Kalau jaman baheula sebelum ada komputer, karyawan/pegawai menggunakan waktu senggangnya untuk main catur atau pingpong kini jamannya komputer orang malas bergerak, di kursi mulu…….ya korban dari teknologi membuat orang jadi semakin males, semakin manja dan semakin kurang bersosialisasi. Nah bagaimana dengan Anda.. dipergunakan untuk apakah waktu senggangmu?

Tentang deri aja lah

bekerja efektif, semangat dan bermanfaat
Pos ini dipublikasikan di Hidup. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s