Ide Bisnis

Hari ini selesai sholat asyar saya tidak langsung balik ke ruangan kerja, kebetulan bos lagi ga ada di ruangan, tapi mampir ke toko koperasi, setiba di koperasi, sebagian orang sedang menonton tayangan stasiun televisi  swasta yang  sedang menayangkan acara inspirasi usaha. Tayangan tersebut diantaranya menginformasikan bahwa ada seorang pengusaha pecel lele dengan omset 1,8 milyar/bulan. Nah dari informasi tersebut ada salah seorang teman dari instansi lain yang kebetulan sedang duduk-duduk di situ (ga tahu dari mana, tp dia, dia cuma bilang dari instansi sebelah) nyeletuk ” To sampean pingin ga seperti Dia” tanya seorang teman kepada teman yang disebelahnya namanya Yanto. Yanto menjawab “ga ah, karena nasib orang kan beda-beda, lagian juga saya bukan bidangnya disitu, saya sudah merasa enak bekerja menjadi PNS”.

Dari obrolan-obrolan tersebut salah seorang yang tadi nanya ke Yanto sebut saja namanya Budi bercerita bahwa dia pernah nyoba memelihara lele dumbo di kampung halamannya, ternyata baru 3 bulan beh… sudah besar-besar dan siap pula untuk disantap. “Memang benar sepertinya bisnis lele cukup menggiurkan, walaupun saya belum pernah mencoba” ujarnya. Setelah itu dia cerita mengenai gurame, mudah memeliharanya. Tiba giliran saya cerita, saya bilang kalau saya punya bisnis ini dan itu yang saat ini dikelola. Atas informasi/cerita saya tersebut si Yanto berkata bahwa ngapain lah Pak.. bisnis ngoyo-ngoyo, paling-paling ya cuma segitu-segitu, ga mungkin maju kalau dijadikan sambilan. Yanto juga bercerita kalau banyak dari teman-teman pegawai yang sudah mikirin usaha karena takut dengan masa-masa pensiun. Yanto memang realistis, untuk apa si susah-susah, wong gaji juga sudah cukup. Begitulah kira-kira ujarnya.

Yanto pun bercerita mengenai sodaranya di kampung Medan sana yang berbisnis cuci cetak foto, bahwa cuci cetak foto kualitasnya macam-macam, ada yang 6 bulan berubah warna karena tinta isi ulang, ada yang kuat 1 tahun, ada pula yang 3 tahun. Untuk yang 3 tahun menggunakan tinta merk terkenal sebut saja FF.

Dari hasil cerita itu ada 2 (dua) hal yang saya simpulkan bahwa:

1. Tidak semua orang termotivasi dengan tayangan atau cerita-cerita sukses seorang bisnisman, ketika dalam jiwanya tidak tertanam kemauan untuk usaha/bisnis dan sudah merasa nyaman hidup sebagai karyawan/pegawai, apalagi kalo di pikiran bahwa dengan bisnis rentan dengan bangkrut. Kalau jadi pegawai negeri kan ga mungkin bangkrut, wek…!!! Walaupun dalam hati saya bergumam, ya lah wong sampean sudah enjoy jadi pegawai, lah aku… di kantor rasanya jadi orang yang tidak bermanfaat, ga memberikan manfaat bagi sekitar, pemberi kerja (negara), masyarakat, ya paling-paling juga keluarga karena tiap bulan dapat gaji.

2. Obrolan yang bermanfaat ternyata ada peluang dan inspirasi disana. Inspirasi bisnis bukan hanya diperoleh dari bacaan-bacaan saja, tapi bisa dari lihat kanan-kiri tapi bisa jadi dari obrolan dengan teman2 yang mungkin mereka juga pernah punya pengalaman sendiri ataupun pengalaman yang dialami tetangga, teman, kolega. So jangan pernah ngobrol yang tidak ada manfaatnya, ngobrolah tentang hidup, usaha, pekerjaan, karier, motivasi dsb yang bisa memberikan manfaat. Jangan hanya nggosipp… apalagi ngrasani tetangga, sahabat, atasan.

Kembali ke topik awal bahwa seorang pedagang pecel lele bisa beromset milyaran, menurut hemat kami syah-syah saja dan wajar-wajar saja apabila diseriusi dengan leverage yang luas. Itulah bisnis, kita jual tusuk gigi pun kalau jangkauan dan wilayahnya luas tidak mustahil akan menjadi milyarder.

Ada komentar..?

Tentang deri aja lah

bekerja efektif, semangat dan bermanfaat
Pos ini dipublikasikan di MOTIVASI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s